Rabu, 07 Maret 2012

Air Terjun Maloto Dan Tumaung

Di kecamatan Hantakan ada air terjun Tumaung sementara di kecamatan Batang Alai Timur ada air terjun Maloto. Air terjun Tumaung berada di desa Datar Ajab kecamatan Hantakan. Untuk menuju lokasi Tumaung bisa ditempuh melalui Hantakan.
Untuk mencapai air terjun Tumaung, dari Hinas kiri, masih bisa menggunakan kendaraan roda empat sejauh kurang lebih 3 kilometer di atas jalan perkerasan, dan selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak. Perjalanan menuju air terjun Tumaung di pegunungan Meratus memang melelahkan dan bikin nafas ngos-ngosan karena terjal dan curam. Tempat ini bisa dicapai setelah menempuh perjalanan selama satu setengah jam berjalan kaki. Deburan air terjun Tumaung memang cukup deras. Ketinggiannya mencapai kurang lebih 25 meter. Airnya bersih dan bening, hawanya dingin menyejukkan. Jika anda berkesempatan mengunjungi tempat ini anda pasti akan puas dibuatnya. Kebeningan air pegunungan, gemuruh air putih yang jatuh berbenturan dengan batu, dan percikan-percikan air yang beterbangan bagai embun; mampu menghapuskan dahaga dan kepenatan anda setelah melakukan perjalanan kaki yang melelahkan.
Konon menurut cerita, dibalik keindahan air terjun Tumaung ini, ternyata menyimpan legenda yang cukup menggelitik hati. Batu yang menjadi sandaran air terjun ini konon merupakan jelmaan datu yang saat itu dikutuk dewa berkepala tujuh menjadi batu. Dewa kepala tujuh ini sendiri diakhir hayatnya juga menjelma menjadi batu. Yang lebih menarik, ternyata dibawah air terjun terdapat sebuah gua yang cukup dalam dan menurut informasi bermuara ke Kotabaru.
Menurut penuturan warga setempat, dulu seorang penebang kayu pernah memilirkan kayu hasil tebangannya melewati air terjun ini. Namun setelah diterjunkan, pohon ini tenggelam dan tidak pernah muncul lagi kepermukaan air. Jika informasi ini benar, maka pengunjung air terjun ini perlu berhati-hati kalau mau mandi. Namun oleh warga setempat, gua ini kemudian dipagar dengan kayu ulin sehingga cukup aman untuk mandi. Kendati demikian, karena sungai dibawah air terjun ini cukup dalam, para pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati.

Untuk diketahui bahwa di sebelah hulu air terjun ini terdapat pohon-pohon berukuran besar berdiameter lebih dari 1 meter. Sebuah hutan perawan yang perlu di jaga keperawanannya dari jarahan pegundal-pegundal kayu yang tidak bertanggung jawab. Kalau dibanding-banding, air terjun Tumaung ini mirip dengan air terjun di kabupaten Solok Sumatera Barat. Bedanya, kalau air terjun solok terletak di tepi jalan raya, Air terjung Tumaung terletak di tengah hutan dengan dikelilingi pohon-pohon yang besar.

1 komentar: