Rabu, 07 Maret 2012

Mandingin

Mandingin adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Desa Mandingin berada sekitar 2 km dari pusat kota Barabai.
Kata Mandingin berasal dari kata mandi dan dingin, karena dulu saat orang mandi di pagi hari, udara di desa ini terasa sangat dingin.[rujukan?]
Di wilayah ini terdapat Stadion Murakata.
mesjid yang ada di Mandingin diperkirakan berumur seratus tahun lebih dan salah satu yang terbesar dijamannya dan juga salah satu yang paling tua di Barabai. Sebelum Mesjid ini dibangun sudah ada mesjid yang dibangun disebelah hulu desa yang berada dipinggir sungai, namun mesjid dirobohkan, baru kemudian warga membangun lagi mesjid baru ditempat sekarang.
Menurut cerita orang tua, ketika shalat jumat, disepanjang shaf depan hanya di isi oleh para Tuan Guru, puluhan orang jumlahnya, dikampung mandingin juga banyak ditemukan makam yang berkubah.
keturunan Mandingin ada beberapa yang menyebar ke desa lain, seperti kampung Sasak Barabai, di jalan ulama (bakubah di Ulama), Pajukungan ( pendiri mesjid Pajukungan), Kubur Jawa, sumanggi Ilung, Muara rintis Ilung, bahkan Lampihong di Kabupaten Balangan, salah satu pendiri IAIN Antasari KH.Abdurahhman Ismail MA adalah asli Mandingin, salah satu orang Banjar pertama Yang meraih gelar S2 Master of art dari Universitas Al-azhar Mesir pada jaman kolonial Belanda. Beberapa ulama juga mengambil istri orang Mandingin, salah satu keturunannya yang juga terkenal adalah Nasrullah Jamaluddin.Lc imam mesjid istiqlal Jakarta, ibunya orang mandingin, ayahnya Jamaludin adalah keturunan syech Arsyad dari Negara daha.
Dimandingin dapat di temui banyak makam Ulama yang Berkubah dan berbalambika (balambika adalah tumpukan tanah yang meninggi, suatu ciri Khas dari daerah daerah Banjar adalah adalah Makam yang ditumbuhi tanah seperti sarang anai-anai atau rayap yang semakin hari semakin besar, bahkan ada yang sampai dua meter tingginya, makam ditumbuhi balambika hampir selalu adalah makam Ulama atau orang-orang baik dan alim semasa hidupnya, dan tidak ada makam seorang yang buruk perilaku semasa hidupnya mempunyai makam yang ditumbuhi balambika, saya akan mengulas hal ini dilain kesempatan) . 13072845171666735244
Cirri-ciri fisik dari keturunan mandingin yang tersisa di Mandingin saat ini laki-lakinya kebanyakan bertubuh besar, tinggi dan kekar. Dan perempuannya berparas cantik. Sangat disayangkan Tidak ada catatan tentang sejarah mandingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar